Sains Definisikan Awan Cumulonimbus Persis Al-Quran


Artikel ini saya terjemahkan dari artikel bahasa Arab yang ditulis oleh DR. Manshur Al-Ibady Abu Syarifah.

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

“Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkannya, lalu Dia menjadikannya BERTUMPUK-TUMPUK, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya, dan Dia (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) GUNUNG-GUNUNG, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang Dia kehendaki dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan penglihatan. “(An-Nur: 43)

Salah satu aspek i’jaz Al-Quran Al-Karim terpenting adalah deskripsi ilmiah yang akurat dan kesesuainnya dengan fakta-fakta penelitian mengenai fenomena alam.

Kesesuaian antara apa yang dikatakan Al-Quran dengan penelitian ilmiah para ahli sains modern sejatinya telah menyangkal bahwa Al-Quran ditulis oleh manusia. Semua itu membuktikan sesungguhnya Al-Quran diturunkan oleh Allah yang Maha Mengetahui yang tampak dan yang ghaib.

Dalam artikel pendek ini, kita akan mengupas bagaimana Al-Quran Al-Karim telah menguatkan bahwa BUTIRAN ES tidak terbentuk kecuali di dalam salah satu jenis awan. Awan yang membentuk butiran es itu yaitu awan Al-Maznu Ar-Rukamiyah (awan yang bertumpuk-tumpuk) atau cumulonimbus.

Al-Quran sendiri menamainya dengan awan rukaman.

ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا

“Kemudian Ia menjadikan awan itu bertumpuk-tumpuk.”

Siapun yang melihat bentuk awan cumulonimbus dari kejauhan akan melihatnya seperti bertumpuk-tumpuk di langit. Begitu pula jika dilihat dari posisi atas awan. Akan tampak seperti gunung-gunung.

Lebih jelas lagi bentuk awan yang tampak seperti gunung-gunung itu bila dilihat dari pesawat atau satelit. Sains modern yang dilakukan pasca 14 abad turunnya Al-Quran menggambarkan deskripsi yang sama yang disebut oleh Al-Quran.

Tertulis pada Daftar Istilah Cuaca (Weather Glossary), dideskripsikan istilah awan cumulonimbus seperti berikut:

CB (stricly Cb) singkatan dari awan cumulonimbus, memiliki karakter pembentukan yang kuat secara vertikal dalam benuK GUNUNG-GUNUNG atau menara besar yang diam. Setidaknya bentuknya halus, datar kadang berlapis-lapis.

Berikut ini beberapa foto dari awan cumulonimbus.

Cumulonimbus

Cumulonimbus

Awan Cumulonimbus tampak dari pesawat

Awan Cumulonimbus tampak dari jauh

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s