Mau Cepat Bisa Bahasa Arab, Pilih Salah Satu Bidang


Bahasa arab itu banyak cabangnya, kita juga punya banyak kesibukan. Jika kita ingin belajar bahasa dengan waktu yang sempit, pilihlah salah satu bidang studi saja. Umumnya; kita-kita kalau mau belajar bahasa arab, maunya bisa nahwu shorof, pintar ngomong, pintar nulis, pintar nerjemah dsb diborong dalam waktu 1 bulan, 2 bulan atau 1 tahun. Semua buku diborong, semua dihafal, semua pelajaran dilahap… Akhirnya… PUTUS!

Jangan lihat orang lain pintar cuap-cuap, ngi’rob, nerjemah dsb. Mereka mungkin banyak waktu untuk belajar dan Allah mudahkan jalannya. Kalau tamatan LIPIA, AMCF, Madinah atau Mesir pintar bahasa arab itu wajar. TKI timur tengah aja pintar (ngomong) bahasa arab.

Sekarang kita pakai standar kita sendiri, kemampuan kita sendiri, keuangan kita sendiri dan waktu kita sendiri serta yang paling penting yaitu: TUJUAN BELAJAR BAHASA ARAB.

Bisa ngomong bahasa arab, apa tujuannya? Jadi TKI, berhaji atau wisata ke ketiga masjid haram.

Bisa baca kitab, apa tujuannya? Nerjemah, biar bisa paham Al-Qur’an hadits, biar bisa baca kitab dan meluaskan ilmu pengetahuan.

Jadi sebaiknya pilih salah satu dari dua bidang ini.

Jika pingin bisa bicara, tidak usah belajar Nahwu Shorof terlalu dalam (Nahwu Wadhih jilid 1 cukup), yang penting paham dan bisa dipahami serta banyak ngomong, banyak dengerin. Semuanya bisa ditingkatkan sambil berjalan.

Jika pingin baca kitab, pelajari Nahwu Shorf, sering-sering buka kamus (Mahmud Yunus cukup!), sering-sering baca kitab dan berteman dengan google translate. Tidak usah berpikir terlalu ideal, yang penting bisa baca dan bisa memahami bacaan. Jangan dihafal, jangan terlalu banyak teori, tapi banyak-banyaklah praktek membaca. Semuanya akan meningkat dengan sendirinya atas ijin Allah.

Sekali lagi, pilih salah satu, ini pengalaman ana.

8 thoughts on “Mau Cepat Bisa Bahasa Arab, Pilih Salah Satu Bidang

  1. Ana mudarrisah fil madrosati diniyah,jd sangat membantu sekali seandainy ana mmp brbhs arab dg baik.paparan anda sngat membntu.syukron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s