I’rob dan Tafsir Al-Mukminun 2


قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ * الَّذِينَ هُمْ فِي صَلاَتِهِمْ خَاشِعُونَ

I’rob

قَدْ :Huruf khusus yg mendahului fi’il madhi
أَفْلَحَ :Fi’il madhi
الْمُؤْمِنُونَ :Fa’il marfu’ karena terletak setelah fi’il tandanya wawu sebab jama’mudzakar
الَّذِينَ :Mubtada karena Isim maushul terletak diawal kalimat
هُمْ :Isim dhomir
فِي :Harfu jar
صَلاَتِ :Isim majrur
هِمْ :Isim dhomir menempel
خَاشِعُونَ :Khabar marfu tandanya “wawu” karena jama’ mudzakar

Kosa kata

خاشعون asal katanya خَشَعَ – يَخْشَعُ – خَاشِعُ : tunduk, rendah, takluk khusyu’. خَاشِع (ismun fa’il): yang/si khusu’.
خُشُع : tenangnya dan heningnya anggota badan serta tunduk.

Terjemahan

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya”

Asbabun Nuzul

Sebab turun ayat ini yaitu kaum muslimin tatkala shalat menoleh ke kanan dan ke kiri, lalu turunlah ayat ini yang memerintahkan bagi yang shalat untuk menundukkan pandangannya ke arah kiblat.

Diriwayatkan dari Ibnu Sirin dan yang lain, bahwa sewaktu ketika Rasulullah saw mendongak ke langit ketika shalat, maka turunlah ayat ini.

Tafsir

Tafsir Aisiru Tafasir
في صلاتهم خاشعون : yaitu diam, tenang mata dan hatinya tidak menoleh ke yang lain tapi mereka serasa menghadap didepan Rabb mereka.

Firman Allah قد أفلح المؤمنون; Allah mengkabarkan – dan Dia Yang Paling benar janji-Nya – dengan falahil mukminin (keberuntungan bagi mukminin). Dalam surat Ali Imran, Allah menjelaskan makna al-falah adalah keberuntungan selamat dari api neraka dan masuk jannah. Maka Allah mensifati orang-orang mukminin yang beruntung itu dengan beberapa sifat (dalam surat ini -pent) yang menjadikannya mendapat keberuntungan dan menjadi pewaris surga firdaus selama-lamanya; sifat-sifat itu adalah:
1. Khusu’ dalam shalat dengan cara tenang dalam shalatnya tanpa menoleh kepala, pandangan dan hatinya dengan kelembutan hati serta air mata. Inilah kondisi khusu’ yang paling sempurna. Derajat khusu’ rating dibawahnya adalah tidak menolehnya kepala, mata serta hati. Sifat ini terkandung dalam firman-Nya الذين هم في صلاتهم خاشعون.

(Sifat-sifat yang lainnya silahkan Antum baca sendiri dalam kitab aslinya)

Tafsir Al-Mawardi
Terdapat lima pendapat dalam ayat الَّذِيِنَ هُمْ فِي صَلاَتِهِمْ خَاشِعُونَ:

  1. Yang takut, adalah pendapat Al-Hasan dan Qotadah.
  2. Yang tunduk, adalah pendapat Abu Isa.
  3. Yang bertaubat, pendapat Ibrahim.
  4. Menundukkan pandangan dan merendahkan sayap (melipat kedua tangan), pendapat Mujahid.
  5. Melihat ke arah tempat sujudnya di tanah dan pandangannya tidak boleh ke arah lain.

Dari perbedaan pendapat di atas maka, terdapat dua kesimpulan mengenai tempatnya kyusu’:

  1. Tempat khusyu’ hanya ada di hati, ini pendapat Al-Hasan dan Qotadah.
  2. Tempat khusyu’ ada di hati dan juga pandangan.

Tafsir As-Sa’di

Khusyu dalam shalat adalah: hadirnya hati didepan Allah ta’ala, menghadirkan rasa kedekatan [ada-Nya. Maka hati menjadi tenang, diri menjadi hening dan gerakan badan menjadi lembut serta minim tolehan matanya. Sontun dihadapan-Nya, menhadirkan semua apa yang diucapakan dan apa yang dilakukan dari gerakan shalat dari awal hingga akhirnya. Maka was-was dan kilas-kilas pikiran lain menjadi lenyap. Inilah ruhnya shalat, dan maksud ayat ini adalah; yang mendapat janji keberuntungan yaitu bagi mereka yang khusyu shalatnya, sedangkan yang shalat tetapi tidak khuyu’ meskipun dia mendapat pahala tetapi tidak mendapat janji keberuntungan.

Wallahu’alam
الحمد لله رب العلمين

Referensi

  1. Al-Wajiz Fi Tafsiri Kitabil Aziz
  2. Abu Bakar Jabir Al-Jazairi: Aisiru Tafasir
  3. Al-Mawardi: Tafsir Al-Mawardi
  4. Abdurrahman As-Sa’di: Tafsir As-Sa’di

* Format yang lebih baik dengan ekstensi PDF dapat antum unduh di Katagori Download, insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s