The Power of Sedekah


Rasulullah saw bersabda:
“Dan seseorang yang bersedekah dengan diam-diam sehingga tangan yang sebelah kanan tidak tahu apa yang disedekahkan oleh tangan kirinya.” (potongan dari hadist Muslim)

Lelaki yang bersedekah diam-diam itu berhak mendapatkan nauangan Allah, pada hari dimana tiada naungan kecuali naungan-Nya.

Ada sebuah kisah yang diceritakan oleh Asy-Syahid insya Allah Syeikh Tamim. Kisah mengenai Abul Khair Zainal Abidin ketika memohon turunnya hujan kepada Allah. Waktu itu matahari bersinar terang, dan orang-orang sama mengeluh akan langkanya hujan serta kekeringan yang lama melanda daerah mereka. Belum sampai Abul Khair mengakhiri do’anya langit telah tertutup gumpalan awan hitam dan akhirnya hujan turun dengan derasnya.

Kemudian ba’da shalat isya’, ada sepuluh orang bermajlis mengelilingi Syeikh Halb termasuk didalamnya Syeikh Tamim dan Abul Khair. Kemudian Syeikh Halb berkata, “Telah terbesit dalam hati saya, bahwa kita ini diberi hujan karena barakah si fulan.” Syeikh tidak menyebut nama orang tersebut, tapi hanya mengatakan salah seorang diantara kalian.” Kemudian beliau menceritakan sebuah kisah:

“Ada seseorang datang kepada saya kemarin atau beberapa hari yang lewat dan mengatakan kepada saya; “Ada seorang lelaki yang datang ke tempat kami setiap hari sesudah shalat isya’ dengan membawa mobilnya. Ia memberikan kepada kami bahan makanan, daging, beras dan buah-buahan tapi wajahnya tertutup kain sehingga tidak seorangpun yang mengetahuinya. Ia menanggung nafkah 60 KK dari penduduk Halb.””

Dikemudian hari Syeikh Halb menjumpai orang bertutup muka tersebut dan kemudian menubruknya dan berusaha melepaskan tutup mukanya. Akhirnya diketahui orang shaleh tersebut adalah muridnya sendiri yaitu Abul Khair.

Maknanya….
Tetapnya ibadah dalam lingkaran rahasia manusia merupakan sesuatu yang besar dan pelakunya mendapatkan pahala yang sangat besar di sisi Rabbul ‘Alamin.

One thought on “The Power of Sedekah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s