Bahasa Arab Bagian dari Agama!


Al-Qur’an telah diturunkan menggunakan bahasa Arab, bahasa yang paling mulia dan paling unggul serta paling sempurna dan paling lama keberadaannya, sebab dia merupakan bahasa Al-Qur’an Al-Karim serta bahasanya Pemimpin para Rasul; Muhammad saw.

Allah berfirma:

نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الأَمِينُ، عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنْ الْمُنذِرِينَ، بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ

Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan “lisan” yang jelas. (Asy-Syua’ra 193-195)

Imam Ath-Thufi menafsirkan lisan dengan bahasa.

Allah berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (Yusuf: 2)

Ibnu katsir berkata ketika menafsirkan surat Yusuf ayat 2 di atas:

” وذلك لأن العربية أفصح اللغات، وأبينها، وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس، فلهذا أنزل أشرف الكتب بأشرف اللغات على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة، وهو رمضان، فكَمُلَ من كل الوجوه “

“Yang demikian itu (bahwa Al -Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab) karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada rosul yang paling mulia (yaitu: Rosulullah), dengan bahasa yang termulia (yaitu Bahasa Arab), melalui perantara malaikat yang paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi (yaitu tanah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu Romadhan), sehingga Al-Qur an menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir surat Yusuf).

Maka menolong bahasa Arab dengan apapun caranya seperti mempelajari, mengajarkan, membaca kitab arabiyah dianggap juga menolong Kitabullah Al-Karim. Mempelajarinya serta merta akan menjadikan kita mudah memahami Kitabullah dan sunnah Rasul-nya saw, dengan taufiq Allah.

Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah berfatwa:

” اللغة العربية من الدين، ومعرفتها فرض واجب : فإن فهم الكتاب والسنة فرضٌ . ولا يفهمان إلا بفهم اللغة العربية، وما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب “

“Sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri bagian dari agama dan hukum mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Kitab dan As-Sunnah itu wajib dan keduanya tidaklah bisa difahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan kaidah:Apa yang tidak sempurna suatu kewajiban kecuali dengannya maka ia juga hukumnya wajib.” (Iqtidha Shiratal Musthaqim 1/470)

Imam Asy-Syathibi berkata:

Sesungguhnya syareat yang berbarakah ini menggunakan bahasa Arab. Barangsiapa yang ingin memahaminya sedangkan syareat ini hanya bisa dipahami dengan menggunakan bahasa Arab, maka tidak ada cara lain untuk memahaminya kecuali menguasai bahasa ini. (Al-Muwafaqat 2/64)

Imam Ibnu Atsir berkata:

” معرفة اللغة والإعراب هما أصل لمعرفة الحديث وغيره، لورود الشريعة المطهرة بلسان العرب “

Kemampuan memahami bahasa Arab dan I’robnya (menguarai tata bahasa), keduanya merupakan asas terpenting untuk memahami Al-Hadist serta disiplin ilmu lainya, disebabkan bahasa pengantar syareat nan suci ini menggunakan bahasa arab. (Jamiul Ushul 1/37)

Tunggu apalagi…. Mari kita belajar bahasa Arab.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: